Senin, 23 Mei 2011

MAKALAH IKAN HIAS

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Perikanan merupakan salah satu sektor ekonomi yang mempunyai potensi dan peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Pembangunan perikanan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Peranan sektor perikanan dalam pembangunan nasional terutama bisa dilihat dari fungsinya sebagai penyedia bahan baku pendorong agroindustri, peningkatan devisa melalui penyediaan ekspor hasil perikanan, penyedia kesempatan kerja, peningkatan pendapatan nelayan atau petani ikan dan pembangunan daerah, serta peningkatan kelestarian sumberdaya perikanan dan lingkungan hidup (Direktorat Jenderal Perikanan 2004).
Perikanan dan kelautan Indonesia memiliki potensi pembangunan ekonomi dan termasuk prospek bisnis yang cukup besar, sehingga dapat dijadikan sebagai sektor andalan untuk mengatasi krisis ekonomi (Dahuri, 2000).Trend kegiatan ekspor produk perikanan dan kelautan memacu perusahaan-perusahaan di sektor ini untuk mengoptimalkan salah satu potensi yang menjadi sumberdaya untuk bertahan dan bersaing.
Salah satu bisnis sektor perikanan yang mempunyai potensi cukup besar adalah ikan hias. Ikan hias merupakan salah satu komoditas perikanan yang belakangan ini menjadi komoditas perdagangan yang potensial di dalam maupun di luar negeri. Ikan hias dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan devisa bagi negara.
Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik minat para pecinta ikan hias (hobiis) dan juga kini banyak para pengusaha ikan konsumsi yang beralih pada usaha ikan hias. Kelebihan dari usaha ikan hias adalah dapat diusahakan dalam skala besar maupun kecil atau skala rumah tangga, sel ain itu perputaran modal pada usaha ini relatif cepat. Keberadaan ikan hias di Indonesia tidak semuanya asli dari Indonesia, sebagian besar adalah ikan yang diimpor kemudian dikembangkan dan hasilnya banyak yang sudah diekspor untuk memeuhi selera para penggemar ikan hias di luar negeri.
Ikan hias bukan merupakan ikan konsumsi manusia, tetapi merupakan ikan untuk pajangan, untuk dilihat keindahan akan warna dan corak yang berbeda dari tiap jenis dan memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini menyebabkan ikan hias banyak diminati dan mulai diperdagangkan sebagai komoditas hidup. Prospek bisnis ikan hias Indonesia sangat cerah, karena didukung oleh beberapa faktor seperti jenis ikannya beragam, ketersediaan air yang cukup, lahan serta iklim yang sesuai. Sebagai contoh jenis ikan karang yang ada diperairan laut Indonesia salah satunya adalah ikan botana biru (Acanthurus leucosternon ).

1.2 TUJUAN
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah
1.      Untuk menambah wawasan bagi para mahasiswa dalam mengenal jenis ikan hias air laut khususnya mengenai ikan hias botana biru (Acanthurus leucosternon ) itu sendiri.
2.      Sebagai salah satu persyaratan bagi mahasiswa dalam mengikuti ujian dan mendapatkan nilai pada mata kuliah budidaya ikan hias dan coral.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1             TAKSONOMI IKAN BOTANA BIRU (Acanthurus leucosternon )
Botana biru (Acanthurus leucosternon ) biasa juga disebut surgeons adalah merupakan salah satu jenis ikan hias yang ada di perairan indonesia.
Klasifikasi ilmiah :
Kingdom                          : Animalia
Phylum                             : Chordata
famili                               : Acanthuridae
Genus                               : Acanthurus
Spesies                             : A. leucosternon
Nama dagang                  : Powder blue surgeon
Kelompok                         : Surgeon fish
Daerah penyebaran        : Perairan Indopasifik

2.2   MORFOLOGI IKAN BOTANA BIRU (Acanthurus leucosternon )
Ciri – ciri dari ikan botana biru (Acanthurus leucosternon )adalah sebagai berikut
1.      Kulitnya tebal dengan sisik yang halus
2.      Mempunyai duri tajam yang berbentuk seperti pisau bedah pada tiap sisi dasar sirip ekor
3.      Bentuk badan bulat dengan bagian depan lebih lebar dari bagian belakang
4.      Warna secara umum biru terang
5.      Bagian depan berwarna kehitam – hitaman
6.      Daerah sekitar insang berwarna putih
7.      Warna sirip beragam
8.      Sirip ekor bercagak berwarna hitam belang dan putih
9.      Ukuran maksimum mencapai 20 cm

2.3             HABITAT
     Ikan hias air laut merupakan sekumpulan ikan yang berada di daerah tropis dan kehidupannya berkaitan erat dengan terumbu karang. Ikan-ikan tersebut memanfaatkan terumbu karang secara langsung maupun tidak langsung untuk kepentingan hidupnya.
     Ikan botana biru (Acanthurus leucosternon ) hidupnya bergerombol di daerah karang yang dangkal, Hidup pada kedalaman 6 – 10 meter. Membutuhkan cahaya yang cukup. PH 8,1 – 8,4. Temperatur 25° – 27° C. 

2.4   MAKANAN
Ikan botana biru (Acanthurus leucosternon ) termasuk golongan herbivora dengan memakan alga yang menutupi karang . selain itu ikan juga merupakan ikan pendamai, jika dikumpulkan dengan ikan lain tidak mengganggu.

2.5   MANFAAT IKAN HIAS DALAM KOMODITAS PERDAGANGAN
1.      Ikan hias dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan devisa bagi negara.
2.      Ikan hias memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik minat para pecinta ikan hias (hobiis) dan juga kini banyak para pengusaha ikan konsumsi yang beralih pada usaha ikan hias.
3.      Ikan hias dapat diusahakan dalam skala besar maupun kecil atau skala rumah tangga, sel ain itu perputaran modal pada usaha ini relatif cepat.
4.      Keberadaan ikan hias di Indonesia tidak semuanya asli dari Indonesia, sebagian besar adalah ikan yang diimpor kemudian dikembangkan dan hasilnya banyak yang sudah diekspor untuk memeuhi selera para penggemar ikan hias di luar negeri.


BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Dari hasil dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan :
1. Botana biru (Acanthurus leucosternon ) biasa juga disebut surgeons adalah merupakan salah satu jenis ikan hias yang ada di perairan indonesia.
2.  Ikan botana biru (Acanthurus leucosternon ) hidupnya bergerombol di daerah karang yang dangkal, Hidup pada kedalaman 6 – 10 meter. Membutuhkan cahaya yang cukup. PH 8,1 – 8,4. Temperatur 25° – 27° C.  Spesies yang ada  sekitar 65. 
3. Ikan botana biru (Acanthurus leucosternon ) termasuk golongan herbivora dengan memakan alga yang menutupi karang . selain itu ikan juga merupakan ikan pendamai, jika dikumpulkan dengan ikan lain tidak mengganggu.

3.2  SARAN
 Untuk  mengenal jenis –jenis ikan hias air laut maka  sebaiknya para mahasiswa dibawah  langsung  kelapangan sehingga mereka dapat mengenal/ mengetahui  atau mengamati dengan jelas dan  teliti jenis ikan hias yang ada dilingkungn tersebut.


DAFTAR PUSTAKA


























TUGAS
MAKALAH
BUDIDAYA IKAN HIAS DAN CORAL
BOTANA BIRU  (Acanthurus leucosternon )

UNC By Fandy.jpg

OLEH :

NAMA                 : ALUDIN AL  AYUBI
NIM                      : 0804052698

FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN PERIKANAN DAN KELAUTAN PROGRAM STUDI
BUDIDAYA PERAIRAN

UNIVERSITAS NUSA CENDANA
2010

1 komentar:

  1. Inilah Saatnya Menang Bersama Legendapelangi.com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Permainan Kartu ONLINE !!!
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami

    LegendaPelangi.com Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^
    Hanya Dengan 1 ID bisa mainkan 7 jenis games boss !!!

    Keunggulan Legenda QQ :
    - BONUS SPEKTAKULER YANG MENANTI ANDA
    - MINIMAL DEPO & WD 20.000
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24 JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI

    Jangan buang kesempatan emas ini dan menunda diri anda untuk menjadi

    pemenang !!! langsung daftarkan diri anda di LegendaPelangi.com

    Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami!!

    Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya!!

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Contact Us :
    + website : Legendapelangi.com
    + Skype : Legenda QQ
    + BBM : 2AE190C9

    BalasHapus